Hasil Pencarian

Pencarian

Senin, 14 Juli 2008

Tempat Tempat Wisata di Kabupaten Pangkep



Secara geografi Kabupaten Pangkep terletak pada koordinat antara 110o sampai 113” Lintang Selatan dan 4o 40’ sampai 8.00 ” Bujur Timur.

Batas-batas Wilayah :
- Sebelah Utara : Kabupaten Barru
- Sebelah Selatan : Kabupaten Maros
- Sebelah Timur : Kabupaten Bone.
- Sebelah Barat : Pulau Kalimantan, Jawa, Madura Nusa Tenggara & Bali.

Tempat Wisata di Kabupaten Pangkep , antara lain

1. Taman Purbakala Sumpang Bita
Taman purbakala yang lain ini adalah sambungan dari rentetan bukit batu kapur dari Leang-leang yang juga memiliki banyak gua. Padanya dapat ditemukan lukisan prasejarah yang sangat menarik berusia 5000 tahun silam. Arkeolog berpendapat beberapa dari goa itu tampak telah dihuni oleh manusi lebih awal dari 8000-3000. Lebih dari seratus tingkat anak tangga yang disemen telah dibangun untuk menaiki goa-goa itu. Ada kolam renang sederhana tersedia dan daerah ini ini dekat dengan pabrik semen Tonasa I.
2. Pulau Kapoposan
Dewasa ini objek wisata penyelaman yang hebat telah dapat di jumpai di Sulawesi Selatan. Diantara objek penyelaman yang sedang berkembang yang sangat terkenal adalah Pulau Kapoposan yang jaraknya 2 (dua) jam dengan Speedboat dari Ujung Pandang Pulau Kapoposan, memiliki keaslian alam dengan batu karang yang belum pernah dijamah manusia. Peralatan penyelam dapat disewa di Ujung pandang sedangkan pemondokan dan makanan dapat diperoleh disekitar objek.
3. Taman Prasejarah Leang-leang
Dengan perawatan dan penataan yang apik, ditemukan goa-goa peninggalan sejarah masa lampau. Salah satu di antaranya yang masih bisa dinikmati adalah lukisan-lukisan bersejarah yang berusia kira-kira 5.000 tahun. Arkeolog berpendapat bahwa beberapa di antara goa tersebut telah didiami sejak 8-000 - 3.000 tahun Sebelum Masehi

1 komentar:

  1. bagus blognya tentang makassar sampe jauh ke kab.pangkep tapi masih banyak looh objek wisata kab.pangkep yang lebih baik good luck yah

    BalasHapus