Hasil Pencarian

Pencarian

Sabtu, 20 September 2008

Buroncong, penganan khas makassar saat sarapan


Buroncong merupakan salah satu penganan khas kota makassar. menu ini biasanya dihidangkan dipagi hari dalam kondisi hangat bersama teh manis atau kopi. klo ngk sempat buat penganan ini bisa juga didapatkan dengan mudah di sekitaran penjual2 kue atau penjual khusus buroncong yang dijajakan tiap pagi meggunkan gerobak.

penganan ini terbuat dari tepung terigu, parutan kelapa (pilih kelapa yang berukuran muda, buang kulit kasarnya) gula pasir(putih), soda kue, dan sedikit garam . semua bahan disatukan dalam satu adonan diaduk hingga rata dengan air. adonannya biasanya agak encer.

setelah adonan siap. masukkan delam cetakan buroncong yang telah dipanaskan dengan bara api, jangan lupa olesi dulu cetakannya dengan minyak kelapa menggunakan kuas atau daun pisang agar adonannya tidak lengket.  paling enak kalau bahan bakarnya kayu arang. setelah adonannya kelihatan mengembang dan pinngirannya agak berwarna coklat pertanda kue buroncongnya sudah jadi. nah siap diangkat menggunakan gancu (biasanya tukan buroncong ahli memainkan ini). dan siap di makan buat sarapan bersama teh hangat.

klo ngk sempat buat sendiri, di makassar kue ini umum kok terutama di pagi hari, harganya juga murah meriah sekitar Rp.300,-. rasa dari buroncong ini  juga bervariasi, tergantung penjualnya. terkadang ada juga yang agak asin, terlalu manis dan bahkan ada yang tidak menggunakan gula pasir tetapi pemanis buatan. udah dulu ya... selamat menikmati menu buroncong.. :)

Ariel

_______

4 komentar:

  1. halo Ariel,
    menarik dibaca artikla - mu. saya terus terang rindu pulang ke Makassar. merasakan lagi makanan2 khas Makassar yang dulu saya sempat rasakan sebelum saya menjadi warga negara Swedia. Buroncong saya suka itu. kalau saya di Makassar saya minta di Traktir yah.... :) i miss makassar , my born land after 10 years left it.

    BalasHapus
  2. Ok ntr di traktir sampe poge' he3x..

    BalasHapus
  3. your articles and photos attachment very touching. Congratulation and keep it up.

    BalasHapus
  4. Biasana kalau makanka buroncong warnana ijoki, angngapai yang ini putih pucatki. Yang ijo enaknya, apalagi kalo dikasiki kelapa muda...., hemmmm, buroncong panas nyamanna di! Adakah yang punya resepna? Bagi-bagi saiki kodong, thanks! salam............

    BalasHapus