Hasil Pencarian

Pencarian

Kamis, 29 Mei 2008

"Kuliwa" In mandar south sulawesi Tradition




Kuliwa merupakan ritual yang ‘wajib’ dilakukan oleh para nelayan Mandar. Dalam prakteknya, kuliwa dilaksanakan ketika akan “meresmikan” sesuatu, baik benda maupun kegiatan, misalnya: meresmikan perahu, alat tangkap (jala dan gae) dan ketika memulai kegiatan penangkapan.


Kuliwa Is Obliged to Ritual that do Fisherman In Mandar South Celebes. In Kuliwa to do will ever opening something, like object or ceremonial, for example .. opening a first time to use a ship, catch fish machine (Jala & Gae) and to first time to catch fish, or sishing.

Posasi’ (nahkoda perahu) meyakini, jika tidak melakukan kuliwa ketika akan memulai turun ke laut (pelayaran pertama), maka boleh jadi akan ada sesuatu hal yang merisaukan hati di dalam pelayaran. Dalam prakteknya, kuliwa dilaksanakan ketika akan ‘meresmikan’ sesuatu, baik benda maupun kegiatan, misalnya: meresmikan perahu, alat tangkap dan ketika memulai kegiatan penangkapan (setelah lama tidak melaut). Nelayan biasa juga melakukan kuliwa dalam pertengahan musim motangnga ketika pada beberapa operasi pertama mereka tidak memperoleh hasil.

Posasi (The Leader In the Ship) belief that if dont ever Kuliwa when will begin to Sea in first sail, maybe will happened something that dangerous in sail. that do, Kuliwa used if they want to opening something about sail or catch a fish for the firs time ( ever long time never sail). the fisherman usually do Kuliwa in middle sesason motangga ever they activity don't make a result.

Kuliwa dilaksanakan di kediaman punggawa posasi’ yang dipimpin oleh seorang pemuka agama (panrita) dan dihadiri oleh awak kapal (sawi-sawi). Jika meresmikan perahu, acara kuliwa (pembacaan barasanji) dilaksanakan di atas perahu. Demikian juga ketika meresmikan roppong yang telah selesai dibuat, tapi praktek kuliwa untuk roppong sudah lama tidak dilaksanakan. Acara inti dalam kegiatan kuliwa adalah pembacaan barasanji yang dipimpin oleh seorang pemuka agama. Selesai membaca barasanji, dilanjutkan dengan pembacaan do’a kepada Allah SWT untuk memohon keselamatan dan rezeki. Kemudian acara dilanjutkan dengan menyantap hidangan yang telah disediakan.

Kuliwa have even to place a Punggawa posasi , panrita or the leader of religion and the audience is sawi-sawi or crew man of ship. they opening a ceremonial of kuliwa on the ship. have finished to do a kuliwa they too have pray to Allah SWT for request a save or live. later then eat a food serving.

ariel, Email : ariel4ever@windowslive.com

1 komentar: