Hasil Pencarian

Pencarian

Rabu, 28 Mei 2008

Magic And Ritual in Mandar People





In The Group of sailor and Mandar fisherman, the ritual and magic are the important part in ship technology production, sail that they do. with others word , technology and ritual and magic are one part. the ritual is traditional order with social and motivation. and motivation is relationship from background of society. cause in Mandar territory is very difficulty to Traditional definition of dissociating with modern in sail now.





Di kalangan pelaut dan nelayan Mandar, ritual dan mistik merupakan bagian penting dalam teknologi pembuatan dan pelayaran perahu yang mereka praktekkan. Dengan kata lain, teknologi dan ritual serta mistik merupakan satu kesatuan. Ritual adalah aturan tradisional yang berhubungan erat dengan aturan sosial dan motivasi. Dan motivasi sangat berkaitan dengan latar belakang budaya yang ada. Karenanya di Tanah Mandar sangatlah sulit untuk memisahkan batasan tradisional dengan modern dalam kegiatan pelayaran, khususnya untuk saat ini.


although a ship ever to use a machine, compass, and fishing machine modern this not only that traditional society have leave. that all move place. if the first time where use in the object that their making, and now ever to do but with some adjustment. they ever to society ritual to use a machine for the first time. although ever to have degradation but this ritual have to do until now.

Walaupun sebuah perahu telah menggunakan mesin, kompas, dan alat tangkap yang modern lainnya, itu bukan berarti bahwa nilai-nilai tradisional ditinggalkan. Kesemuanya itu hanya ‘berpindah tempat’. Jika dulunya ritual tersebut dipraktekkan untuk benda-benda yang mereka kembangkan sendiri, sekarang tetap dilakukan tetapi dengan beberapa penyesuaian. Mereka tetap mengadakan ritual adat untuk ‘meresmikan’ mesin dan gae yang mereka baru beli, misalnya. Meski telah terjadi degradasi praktek (dan kualitas) ritual dan mistik di kalangan pelaut serta nelayan sekarang ini, namun serangkaian kegiatan terkait kepercayaan dan mitos tetap mewarnai kehidupan pelaut Mandar. Berikut ini adalah sejumlah kegiatan dan bentuk kepercayaan yang dilakukan di desa-desa nelayan di Tanah Mandar.

From Ariel, Mailto:ariel4ever@windowslive.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar